Selasa, 21 Juli 2020

BAB I PERUBAHAN SOSIAL (pertemuan 2)

                                 Faktor-faktor Penyebab Perubahan Sosial

1.      Faktor Internal

a.       Bertambah atau berkurangnya penduduk

b.      Penemuan-penemuan baru

Penemuan baru dibedakan dalam pengertian invention dan discovery. Invention adalah proses menghasilkan suatu unsur kebudayaan baru dengan mengobinasi atau menyusun kembali unsur- unsur kebudayaan lama dalam masyarakat. Discovery adalah penemuan unsur kebudayaan baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, bahkan menerapkan penemuan tersebut.

Penemuan baru pada umumnya mengakibatkan bermacam-macam pengaruh pada masyarakat, antara lain:

1)         Penemuan baru akan menimbulkan pengaruh pada bidang-bidang lain. Penemuan baru seperti radio, handphone dll akan memancarkan pengaruhnya ke berbagai arah.


2)         Penemuan baru  mengakibatkan  perubahan-perubahan  yang menjalar dari satu  lembaga kemasyarakatan ke lembaga kemasyarakatan lainnya. Misalnya penemuan baru kapal terbang telah membawa pengaruh besar terhadap metode berperang.


3)         Beberapa penemuan baru dapat mengakibatkan satu jenis perubahan. Misalnya, penemuan mobil, kereta api, dan telephon menyebabkan tumbuhnya lebih banyak pusat-pusat kehidupan di daerah pinggiran kota yang dinamakan suburban.


c.       Pertentangan masyarakat

d.      Terjadinya pemberontakan atau revolusi

 

2.      Faktor Eksternal

a.       Lingkungan fisik yang ada disekitar manusia

b.      Peperangan

c.       Pengaruh kebudayaan masyarakat lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar